Komentar mengenai pembelajaran yang diadakan pada hari Selasa, 3 Mei 2011

Pagi tadi (03/05/11), bu Dina masuk seperti biasanya. Bu Dina membuka kelas dengan sifat keibuan yang selalu beliau tampilkan. Namun, tidak seperti biasanya, beliau meminta kami untuk melakukan sebuah kegiatan yang selama ini belum pernah kami lakukan di pertemuan-pertemuan sebelumnya dalam mata kuliha psikologi pendidikan.

Kegiatan tersebut cukup menyenangkan dan menghibur bagi para teman-teman, selain juga cukup meningkatkan semangat dan motivasi dalam belajar karena kegiatan tersebut dapat digolongkan sebagai heating (pemanasan) sebelum memulai pembelajaran. Namun, tidak tahu mengapa, saya tidak merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan teman-teman saya. Saya tidak dapat merasakan kesenangan yang mendalam seperti yang ditampilkan oleh ekspresi teman-teman saya. Yang saya rasakan hanyalah saya seperti flashback kepada masa-masa ketika saya di ospek oleh senior saya ketika SMA. Karena, saya hanya akan melakukan hal-hal yang lucu dan menyenangkan hanya pada saat ketika memang saya diminta untuk harus melakukannya oleh seseorang yang lebih tua daripada saya sehingga saya tidak dapat menolaknya, atau disaat permintaan itu memang harus dilakukan oleh seluruh pelajar, ex : ketika di ospek, game-game yang diadakan oleh guru atau dosen, dan lain-lain.

Namun, saya dapat melihat dari ekspresi teman-teman saya bahwa kegiatan itu cukup menyenangkan dan menghibur mereka. Sehingga, suasana dalam kelas pun menjadi lebih hangat dan tidak terkesan kaku saat pembelajaran berlangsung. Semoga baik Bu Dina maupun dosen-dosen yang lain dapat berkenan untuk membuat kegiatan-kegiatan seperti ini sebelum memulai sebuah pembelajaran.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Individu Spesial Late

Keterkaitan Antara Kuliah Online Dengan Teori-Teori Belajar (Behavioristik & Gestalt)

Tugas Mini Proyek